Indahnya Pesona Banyuwangi

1. Taman Nasional Baluran

        

Di Banyuwangi, kurang lebih ada 3 taman nasional yang berdiri dan dijadikan sebagai objek wisata unggulan. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran yang mendapatkan julukan sebagai Little Africa in Java. Taman Nasional Baluran merupakan sebuah padang rumput yang sangat luas yang didalamnya terdapat berbagai satwa lindung.

Meskipun lokasi Taman Nasional Baluran berada di pelosok, wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Wisatawan diperbolehkan melintas di tengah padang savana untuk melihat berbagai aneka satwa yang ada dan menikamati indahnya pemandangan dari berbagai penjuru.

2. Pantai boom

      

Pantai Boom yang sekarang sangatlah berbeda dari Pantai Boom yang dulu. Pantai Boom kini lebih dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang banyak dikunjungi pengunjung. Memiliki garis pantai yang panjang dan air lautnya yang jernih serta berpasir putih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang.

Sebagai salah satu pantai indah yang ada di Banyuwangi, pantai Boom kerap dijadikan lokasi berbagai event yang di adakan Pemerintah Kota Banyuwangi seperti Banyuwangi Beach Festival, Gandrung sewu. Untuk mendukung hal tersebut, pihak pengelola terus mempercantik pantai ini dengan membagun berbagai fasilitas wisata, gerbang pantai, dermaga, mercusuar, hingga penginapan.

3. Pulau Merah
   
     

Pulau Merah merupakan sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran. Panati ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwana merah yang terletak di dekat bibir pantai.

Pantai Pulau Merah berpasir putih terbentang sepanjang 3 kilometer. Namun, ombak Pulau Merah yang terbilang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil.

4. Gunung Ijen

      

Gunung Ijen merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire di dalam kawah yang terletak di puncaknya.

Blue fire hanya dapat dilihat oleh mata manusia saat tidak ada cahaya, karena waktu ideal untuk melihatnya adalah jam 2 hingga jam 4 dini hari. Banyak event yang sering kali di adakan, terutama oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang sekarang giat-giatnya mempromosikan Kawah Ijen dalam daftar objek wisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos Demi Mitos Pantai Papuma

Kebersamaan

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN PENGANTIGAN UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK COVID-19